Pengertian XSS



Naufal Ardhani - Cross Site Scripting XSS adalah salah satu jenis serangan injeksi code (code injection attack). XSS dilakukan oleh penyerang dengan cara memasukkan kode HTML atau client script code lainnya ke suatu situs. Serangan ini akan seolah-olah datang dari situs tersebut. Akibat serangan ini antara lain penyerang dapat mem-bypass keamanan di sisi klien, mendapatkan informasi sensitif, atau menyimpan aplikasi berbahaya.

Mengapa Cross Site Scripting disingkat XSS bukannya CSS? Karna Singkatan CSS sudah digunakan untuk cascade style sheet.


Bingung script XSS seperti apa? silahkan lihat DISINI.

Tipe XSS
  • Reflected
  • Stored


Reflected XSS
Reflected XSS merupakan tipe XSS yang paling umum dan yang paling mudah dilakukan oleh penyerang. Penyerang menggunakan social engineering agar tautan dengan kode berbahaya ini diklik oleh pengguna. Dengan cara ini penyerang bisa mendapatkan cookie pengguna yang bisa digunakan selanjutnya untuk membajak session pengguna.

Mekanisme pertahanan menghadapi serangan ini adalah dengan melakukan validasi input sebelum menampilkan data apapun yang di-generate oleh pengguna. Jangan percayai apapun data yang dikirim oleh pengguna.

Contoh penyerangan menggunakan XSS (Nama – nama yang saya pakai merupakan karangan) :

1. Toni sering mengunjungi website jack, yang di website tersebut memungkinkan toni untuk memasukan username/password dan menyimpan data pribadi atau data transaksi yang seharusnya tidak boleh diketahui orang lain.

2. Rey mengetahui bahwa toni sering mengunjungi web tersebut, dan lalu mengamati jika di website buatan Jack terdapat kerentanan atau celah yang bisa diserang menggunakan xss

3. Rey lalu mengekplore dan mencoba mencari celahnya dan membuat script berbahaya dan kemudian di embed atau dimasukan ke dalam sbuah URL

4. Rey lalu mengirim email ke toni yang berisi link ke halaman web jack yang sebenernya urlnya sudah di embed script yang berbahaya tersebut, serta merayunya dengan alasan palsu atau sejenisnya.

5. saat Toni click URL tersebut maka toni akan masuk ke dalam website jack serta script yang sudah rey buat akan dijalankan, sehingga rey bisa mengmbil data dari cookienya dan bisa memanfaatkanya.


Stored XSS
Stored XSS lebih jarang ditemui dan dampak serangannya lebih besar. Sebuah serangan stored XSS dapat berakibat pada seluruh pengguna. Stored XSS terjadi saat pengguna diizinkan untuk memasukkan data yang akan ditampilkan kembali. Contohnya adalah pada message board, buku tamu, dll. Penyerang memasukkan kode HTML atau client script code lainnya pada posting mereka.


Sekian saja artikel yang tentang pengertian XSS semoga ada dapat memahami dengan mudah dan jangan lupa berkomentar dibawah.

Referensi :
https://upyes.wordpress.com/2013/05/18/pengertian-xss/
https://en.wikipedia.org/wiki/Cross-site_scripting

0 Comment:

Posting Komentar